Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Ciri-ciri Trader Sukses

Seorang trader pasti punya keingingan sukses dalam trading saham. Anda dan saya pasti punya impian untuk itu. Tapi, seseorang dikatakan sukses di dunia trading itu apa ukurannya? Ada banyak versi yang mengatakan ukuran / tingkat kesuksesan dalam trading saham. 

Tapi yang jelas, ukuran dalam sukses trading / seseorang dapat dikatakan trader pro apabila trader bisa mencetak keuntungan sebesar mungkin dan menekan kerugian sekecil mungkin dalam JANGKA PANJANG. 

Ingat: Dalam jangka panjang. Dalam jangka panjang disini mengandung makna KONSISTEN. Jadi kalau anda pada bulan Januari bisa dapat net profit 200 juta dan anda hanya rugi sebesar 5 juta, tetapi bulan Februari anda rugi 100 juta dan hanya bisa profit 50 juta, maka anda belum bisa dikatakan sebagai trader sukses atau anda belum bisa menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. 

Saya sudah lama mempelajari gaya para trader sukses seperti O'Neill, Alexander Elder, Peter Lynch, Joel Greenblatt, J.J Murphy, Jack Schwager dan masih banyak lainnya. Saya bisa menyimpulkan bahwa kesuksesan mereka di dunia trading dipengaruhi oleh dua hal: ATTITUDE dan SISTEM TRADING. 

Setidaknya ada 5 hal (terkait attitude dan sistem trading) yang bisa menunjukkan ciri-ciri trader sukses / ciri-ciri trader pro: 

1. Tahu apa yang harus dilakukan 

Trader sukses tahu kapan harus membeli saham, kapan harus menjual saham. Trader tahu saham apa yang layak dicermati dan layak dianalisa untuk keesokan harinya. Inilah yang membuat mereka bisa sukses dalam trading karena mereka sudah memiliki perencanaan trading yang baik dan tidak sembarangan dalam memilih saham. 

2. Tahu kapan waktunya berhenti trading

Seorang trader pro paham kapan waktunya trading dan kapan harus berhenti sejenak dari trading dan menikmati aktivitas diluar trading. Trader pro sadar bahwa trading tidak harus dilakukan setiap hari dan setiap saat. Baca juga: Waktu Terbaik Berhenti (Rest) Trading Saham. 

3. Cut loss bukan sesuatu yang merugikan mereka, justru sebaliknya

Trader sukses selalu dan PASTI menerapkan cut loss apabila harga saham tidak bergerak sesuai analisisnya. Trader sukses memiliki prinsip: Mencetak profit sebesar mungkin dan menekan kerugian sekecil mungkin. Bagaimana cara menekan kerugian sekecil mungkin? Caranya adalah dengan cut loss. 

Jadi, tidak ada istilah saham nyangkut bagi seorang trader pro. Di pasar saham, anda tidak akan mungkin 100% benar terus dalam menganalisis. Tapi kalau anda tidak mau cut loss, yang terjadi adalah saham anda bisa nyangkut berbulan-bulan dan tidak bisa anda gunakan untuk membeli saham2 potensial lainnya. 

4. Ketika untung, mereka tetap terlihat cool dan sebaliknya

Anda tidak akan bisa membedakan raut muka trader sukses yang sedang berada dalam posisi rugi besar atau untung besar. Trader sukses / trader pro tidak menyikapi terlalu berlebihan akan kerugian yang mereka alami dan tidak euforia ketika mendapatkan keuntungan yang besar. 

5. Tidak pernah menyesal 

Trader sukses tidak pernah menyesal jika kehilangan kesempatan membeli saham yang amat sangat potensial pada hari itu. Trader sukses punya prinsip bahwa mencetak profit di pasar saham tidak harus dilakukan hari ini. 

Di pasar saham tidak ada yang perlu disesalkan. Selama pasar masih buka dan berjalan, kesempatan mencetak profit tetap terbuka lebar. Semua itu kembali lagi pada attitude seorang trader, bagaimana menyikapi pasar dan memanfaatkan peluang yang ada. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.