Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Aplikasi Gratis untuk Analisa Saham

El Heze
Kalau anda saat ini sedang mencari aplikasi / tool untuk analisa saham, sebenarnya ada banyak sekali tool analisa teknikal yang disediakan. Sebagai contoh: Chartnexus, Amibroker, atau software saham virtual yang disediakan oleh masing-masing kantor sekuritas. 

Sebenarnya masih ada satu aplikasi atau tool gratis yang bisa anda gunakan untuk analisa saham, termasuk menggunakan indikator yang cukup lengkap beserta data historisnya, yaitu melalui situs: Yahoo Finance. Berikut langkah-langkah menampilkan grafik saham di Yahoo Finance. 

1. Buka situs finance.yahoo.com

2. Ketikkan kode saham yang anda inginkan, jangan lupa tambahkan .JK (jakarta composite) dibelakang. Sebagai contoh ASII.JK, lalu klik search. Perhatikan gambar dibawah ini. 


3. Setelah itu anda akan melihat tampilan dibawah ini 



Untuk menampilkan grafik, klik Full Screen. 

4. Anda akan melihat tampilan grafik ASII seperti gambar dibawah ini 



Disini anda bisa melakukan setting sesuai keinginan anda. Anda bisa merubah grafik menjadi bentuk candlestick, memilih indikator dan melakukan setting grafik 1 tahun, 2 tahun atau 5 tahun. 

5. Perhatikan gambar dibawah ini 



Perhatikan, pada indikator anda bisa memilih indikator2 seperti indikator yang umum digunakan. Contohnya RSI, Moving Average, Stochastic, Bollinger Bands dan lain2. Anda tinggal memilih indikator sesuai dengan selera anda dan anda bisa melakukan analisis saham. 

Itulah tool gratis yang bisa anda gunakan untuk analisa saham tanpa harus download dan login. Hanya kelemahannya, tentu saja pada Yahoo Finance ini anda tidak bisa melihat beberapa fitur seperti running trade, foregin buy/ sell dan beberapa fitur lainnya, karena fitur tersebut hanya bisa dilihat pada software yang disediakan sekuritas. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.